Re-launching SAQINA.COM

Re-launching SAQINA.COM
Bisnis online sering dibayangkan mudah. Namun kami ingin mengelolanya sebaik toko-toko offline kami.

Tuesday, January 20, 2009

"Tidak Ada Krisis", Yang Ada Hanya Perlu Mengubah Sudut Pandang

Apa betul saat ini tidak ada krisis ? jangan ngawur yaa ! ada, jelas didepan mata kita. Semua media memberitakan krisis ini. Ekonomi global sedang redup, mulai banyak PHK, mesin produksi mulai terhenti, ekonomi jelas melambat, konsumsi menurun, daya beli drop banget.

Tapi kalau kita mendengarkan wejangan pakar bisnis, pakar marketing, ternyata apapun kondisinya, mau ekonomi normal, bomming atau krisis, jawabannya sama. Apa itu ?

Saat Ekonomi Normal : ketika kita tanya apa strategi bisnis/marketing yang tepat untuk saat ini ? jawabannya tetap lakukan aktivitas bisnis/marketing. Kondisi ekonomi yang normal ini akan makin tumbuh segera. Lakukan dengan dahsyat, jangan lakukan secara normal. Tunjukkan diferensiasi Anda dintara kompetitor Anda yang saat ini normal-normal saja. Jika saat normal saja Anda bisa menguasai pasar, nanti saat booming Anda tinggal memetik keuntungannya yang dahsyat...dst

Saat Ekonomi Booming : ketika kita tanya apa strategi bisnis/marketing yang tepat untuk saat ini ? jawabannya lakukan aktivitas marketing lebih dahsyat. Ambil dan kuasai momen booming ini, raih pencapaian penjualan dengan segera. Momen ekonomi booming kadang tidak lama. Perkuat tim marketing, perluas jaringan, raih pelanggan sebanyak-banyaknya, tingkatkan layanan pelanggan, dst ...

Saat Ekonomi Lesuuu/krisis : ketika kita tanya apa strategi bisnis/marketing yang tepat untuk saat ini ? jawabannya lakukan aktivitas marketing lebih dahsyat. Ketika kompetitor Anda mulai mengurangi budget iklan, mengurangi aktivitas penetrasi pasar, saatnya Anda terus invest, terus melakukan aktivitas marketing yang dahsyat. Karena ketika ekonomi recovery, Anda sudah siap. Lihat siapa-siapa saja mereka yang unggul saat ini, adalah mereka yang pada saat krisis 1998 tetap melakukan investasi, melakukan aktivitas marketing, sehingga brand-nya sangat kuat saat ini, produknya sangat dikenal, karena semua kompetitornya saat itu (1998) sedang tiarap.

Jadi APA YANG BERBEDA ? TIDAK ADA !!! Para pakar bisnis/marketing, anjurannya SAMA !! TETAPLAH INVESTASI dan LAKUKAN AKTIVITAS MARKETING YANG DAHSYAT !!

Ternyata kita hanya diminta untuk mengubah SUDUT PANDANG aja .... Apa semudah itu ? IYA ! lalu setelah sudut pandang berubah ? PIKIRAN kita juga pasti berubah, lalu goal berubah, strategi berubah, action berubah dan tentunya, hasil bisa jadi berubah.

So... tunggu apa lagi ...

salam
rosihan

2 comments:

Taufan said...

Saya tersadar saat ada yang bilang begini...Fan, Masak kamu percaya Badai pasti berlalu, harusnya kamu percaya banget kalo BADAI itu PASTI DATANG....
Wow...langsung mindset berubah...
Hehehehe...
Urusannya cuma sudut pandang yah pak...
Sukses terus pak

Taufan

Belajar Bisnis|Online Internet Marketing|Jurnal

www.plazamuslim.com

CAK HADI said...

Betul kang...
Padahal mengubah sudut pandang bisa merubah segalanya...
CUMAN terkadang kitanya yang merasa OGAH dan merasa mosok sick semudah itu ....
Salam kenal kang....