Re-launching SAQINA.COM

Re-launching SAQINA.COM
Bisnis online sering dibayangkan mudah. Namun kami ingin mengelolanya sebaik toko-toko offline kami.

Saturday, May 5, 2007

Buku Brad Sugars dan Manajemen Ritel

Seminggu lalu membeli buku "Jalur Cepat Menuju Kaya" karya Brad Sugars di Gramedia, saya terus berusaha mendapatkan poin2 pentingnya, khususnya pada bab yang membahas 5 Tingkatan Wirausahawan.

Saya membaca berulang-ulang bagian Tingkat 1 - Pekerja Mandiri dan Tingkat 2 - Manajer. Sepenuhnya saya menyadari, menjadi TDA sejak 2002 di bisnis Teknologi Informasi, ternyata hanya menempatkan saya berputar-putar pada Tingkatan 1 dan 2 saja. Saya telah bekerja keras dan tidak maju-maju. Thanks for Brad Sugars, saya mendapatkan pencerahan sekali dengan buku ini.

Inti dari Tingkat 1 adalah periode penting untuk memulai, bekerja keras, dan belajar banyak hal. Intinya adalah pendidikan bisnis, sekaligus menikmati kelebihan sedikit finansial dari masa menjadi Karyawan.

Inti dari Tingkatan 2 adalah membangun fondasi bagi bisnis untuk dapat tumbuh terus dimasa depan. Harus mulai belajar sistem, bagaimana mengembangkannya, menangani pertumbuhan, mendelegasikan pekerjaan, dan mengembangkan kepercayaan.

Di bisnis IT saya, saya telah bekerja keras dan tidak maju-maju. Saya tidak mempelajari apa yang seharusnya saya pelajari di Tingkat 1 dan Tingkat 2.

Bagi Member TDA yang baru memulai usaha, Anda wajib baca buku ini, supaya Anda tahu betul tahapan yang akan Anda lalui, dari mulai karyawan hingga Wirausahawan. Dan Anda bisa tentukan kapan Anda berpindah dari tingkat ke tingkat, tanpa perlu terjebak seperti saya, 5 tahun hanya berkutat di Tingkat 1 dan Tingkat 2.

Saya tidak mau terjebak seperti itu lagi di bisnis Ritel yang sedang saya besarkan sekarang. Saya harus mengembangkan bisnis ritel saya dengan baik dan benar. Saya harus belajar, kalo perlu kuliah bisnis ritel. Sebenarnya ada Hari Darmawan Business Ritail Institute, tapi setelah saya kontak tidak mendapatkan respon yang pasti. Sempat bingung juga …dimana yaa sekolah yang serius untuk bisa berdagang dengan cara modern ?

Setelah tuntas baca buku Bard Sugars, saya segera balik ke Gramedia, yang saya cari, buku soal mengelola toko/bisnis ritel dan juga membangun sistem. Alhamdulillah, saya menemukan buku text book kuliah “Manajemen Ritel – Strategi dan Implementasi Ritel Modern”, catakan 2006 karangan Christina Whidya Utami, doktor dan dosen kuliah Manajemen Ritel. Luar biasa, buku ini dilahirkan dari kolaborasi peneliti, praktisi dari Matahari dan Makro. Tapi jangan dibayangkan ini buku saku, ini buku kuliahan, padat sekali, sebanyak 300 halaman dengan harga Rp.59.900. Jadi siap-2lah menjadi pelajar/mahasiswa lagi. Saya tidak tahu, apakah mahasiswa yang kuliah Manajemen juga mendapatkan ini.

Sekilas daftar isi buku :
Bab 1 : Ruang Lingkup Bisnis Ritel
Bab 2 : Perilaku Belanja Pelanggan dalam Bisnis Ritel
Bab 3 : Strategi Pemasaran Ritel
Bab 4 : SDM dalam Ritel
Bab 5 : Aspek Keuangan Ritel
Bab 6 : Pemilihan Lokasi Ritel dalam Area Perdagangan
Bab 7 : Sistem Informasi Manajemen Rantai Pasokan
Bab 8 : Manajemen Hubungan Pelanggan dalam Ritel
Bab 9 : Perencanaan dan Pengelolaan Keanekaragaman Barang
Bab 10 : Sistem pembelian Barang Dagangan
Bab 11 : Strategi Penetapan Harga
Bab 12 : Bauran Komunikasi Ritel
Bab 13 : Desain Tata Ruang Toko dan Visualisasi Barang Dagangan
Bab 14 : Kualitas Layanan dalam Bisnis Ritel
Bab 15 : Sistem Antrean dan Penanganan Keluhan

Jadi untuk semua member TDA yang ingin/sudah masuk ke bisnis ritel, saya rekomendasikan membeli dan membaca buku ini. Jika anda punya kios, toko, distro, yang menjual eceran, anda akan mendapatkan banyak pengetahuan teknis disini. Karena kita akan belajar cara pengelolaan Ritel Modern (seperti Matahari, Ramayana, Makro, Alfa, dll).

Mohon doa restu atas dibukanya distro kami, SAQINA Distro Muslim di Mojokerto – Jatim.

Salam
rosihan

No comments: